Saturday, April 26, 2008

Tugas wawancara religio

SISI X5-4

Pada hari Kamis tanggal 25 April 2008, saya telah mewawancarai seorang wanita yang sudah berusia lanjut. Saya mewawancarai nenek ini karena nenek ini adalah salah satu kenalan dari nenek saya. Dan inilah hasil dari wawancara kami.

Saya : Nek, boleh saya mangetahui nama nenek? Dan umur nenek?

Nenek : Nama saya Mak Ipah. Saya sudah 66 tahun.

Saya : Wah berarti nenek sudah lumayan umur panjang ya..

Nek, boleh kami tau nenek diusia ini apakah nenek masih bekerja?

Nenek : Sampai sekrang masih. Dulu saya membantu mengasuh anak, sekarang saya
kerja numpang hidup sama saudara saya. Buat nambah-nambah saya kiloin
kertas.

Saya : Maksud nenek kilo-in kertas?

Nenek : Ya, ngumpulin Koran bekas ,kertas, majalah bekas dari tetangga, lalu di-
kilo-in ke tukang loak keliling.

Saya : Kalo begitu, pendapatan nenek dari kerjaan itu sekarang berapa?

Nenek : Ya gak tentu, kadang-kadang kalo lagi sedikit bisa dapet 3000, kalo banyak
yang ngasih bisa 10000.

Saya : Itu perhari ya nek?

Nenek : Iya.

Saya : Nenek sekrang punya anak/suami gak?

Nenek : Suami nenek mah sudah meninggal waktu nenek amsih muda, anak punya,
ada 3 orang.

Saya : Berarti anak nenek kan sudah pada gede dong

Nenek : Ya udah pada gede. Yang gede udah kerja, jadi pembantu, karena dulu sakit
cacar makanya sampe sekarang tidak menikah.

Saya : Bagamana dengan anak nenek yang lainnya?

Nenek : Yang kedua sudah nikah, tapi suaminya sudah meninggal, sekarang
kerjaannya sih bantu-bantu ke rumah orang. Yang ketiga laki, sudah
menikah juga tapi tidak punya kerjaan.

Saya : Ohhh…sekrang nenek tinggal sama siapa?

Nenek : Saya sih sekrang tinggal sama anak saya yang paling gede.

Saya : Nek, kan katanya anak nenek sudah pada kerja, lalu kenapa nenek masih
bekerja?

Nenek : Ya soalnya anak saya yang paling kecil kawin sama orang gak benar, setiap
hari kan masih minta uang sama saya untuk makan keluarganya.

Saya : Kenapa dia tidak kerja nek??

Nenek : Ya, nenek mah pengenya dulu dia sekolah sampe tinggi, tapi anaknya hanya
sampe 3 SD. Dulu tanganya pernah patah neng. Makanya gak bisa kerja
berat-berat.

Saya : oh, jadi nenk masih nanggung hidup anak nenek dong.
Nenek udah punya cucu?

Nenek : Belom, dari 3 anak gak ada yang bisa punya anak.
Yah neng, boro-boro ngasih cucu, anaknya aja sudah pada gede belom
pernah ngasih nenek duit, yang ada pada minta duit.

Saya : Berarti nenek tinggal di rumah sendiri dong.

Nenek : Ini mah rumah, tetangga pada kesian ama nenek, makanya rumahnya dibantu
dikontrakin ama tetangga.

Saya : Lalu dengan penghasilan nenek tadi, apa sudah cukup untuk membiayai
kehidupan nenek dan anak-anak nenek?

Nenek : Ya dicukup-cukupin. Kadang-kadang ada orang yang minta dimasakin
makanan, dibuatin sayur, minta dibikinin kue. Nenek dari dulu memang suka
bikin kue pisang, kue talam, kue mangkok. Bahan-bahannya biasanya
dibeliin dari yang mesen. Dari situ nenek ada tambahan.

Saya : Kira-kira tambahnya berapa nek?

Nenek : Biasanya sih 15000.

Saya : Oh, berarti selain meng-kilo-kan kertas, nenek juga suka masakin orang
dong. Nenek kan sudah tua, lalu gimana kalo nenek sakit?

Nenek : Ya biasanya sih ‘dikerok’ kalo gak beli paramex di warung depan. Kadang-
kadang ada tetangga yang baik, bawa mau bawa nenek ke PUSKESMAS.

Saya : Wah, berarti nenek kenal baik banget dong ya sama tetangga-tetangga disini.

Nenek : Ya, nenek kan sudah lama tinggal disini, nenek kan suka Bantu-bantu siapa
aja yang perlu. Jadi orang-orang disini suka bantuin nenek.
Kalo natalan banyak yang ngasih nenek. Itu rumah didepan, kalo natal suka
ngrimin nenek bingkisan dari dulu, kalo gak beras. Ya banyak yang kasihan
sama nenek. Tapi untungnya nenek jarang sakit.

Saya : Kalo gitu, nenek diusia segini, apa masih ada harapan2 atau cita2?

Nenek : Kalo nenek mati, nenek pengen dilahirkan lagi dan pengen sekolah yang
Pintar, supaya nenek bisa jadi orang kaya, hidup senang. Makanya neng
sekolahnya yang pinter.

Saya : Oh ya…Selain cerita diatas? Nenek apa masih mau bagi pengalaman nenek?
Misalnya nenek pernah mengalami peristiwa-peristiwa yang berkesan atau
yang membuat nenek senang atau sedih? Mungkin nenek mau menceritakan
lebih jauh tentang hidup nenek dari muda sampai sekarang?

Nenek : Dulu nenek waktu masih kecil nenek jualan kue, nenek mah saudarannya
banyak. Dulu nenek Bantu orang tua jualan kue keliling. Waktu nenek umur
14, nenek kawin. Nenek dibawa ke Lampung. Dapet anak yang pertama di
Lampung. Umur 2 tahun, anak nenek kena cacar, cacar nanah, jadi anak
nenek mukanya rusak. Jadi takut ketemu orang, jadi sampe sekarang belum
kawin. Tapi dia rajin. Bantu-bantu beres-beres rumah. Anak kedua, pas
nenek sudah balik ke Jakarta. Umur 3 tahun mati sakit ‘berak-berak’. Anak
ke 3 lahir di Jakarta juga. Sekarang nenek juga gak tau dia ada dimana. Kerja
dimana juga nenek gak tau, gak pulang-pulang. Anak ke-4 sudah kawin tapi
selalu minta nenek buat ngidupin keluarganya. Yah, namanya anak, nenek
mana tega gak kasih makan.

Saya : Trus nenek, kalo misalnya anak nenek sudah tidak ada, nanti bagaimana
dengan anak nenek?

Nenek : Itu yang bikin nenek pusing. Nenek gak tegaan, tidak bisa keras sama anak. Nenek sering dibilangin sama orang-orang supaya nenek tidak terus menangung keluarganya, tapi yah kalo nenek udah liat mukanya, nenek gak bisa, gak ngasih.

Saya : Nenek kenal sama nenek saya darimana?

Nenek : Dari nenek kamu masih kecil, nenek sudah kenal, dulu kan rumahnya deket. Sejak nenek menikah, nenek kamu sering pesen makanan buat bantu nenek.

Saya : Nek, pertanyaan terakhir, ada pesen-pesen gak nek?

Nenek : enggak.

Saya : Oh kalo gitu Nek, kami berterima kasih karena nenek sudah mau kami wawancara.

Demikianlah hasil wawancanya.



REFLEKSI ( SISI X5-4 )

Pendapat saya tentang hasil wawancara yang sudah saya lakukan adalah.
Saya sangat tersentuh dengan bagaimana pengalaman hidup yang sudah dilalui nenek tersebut sampai usianya yang sudah mencapai 66 tahun. Setelah menelusuri kisah tersebut, saya menjadi tersadar bahwa untuk mencari nafkah tidaklah mudah, dan butuh perjuangan yang sangat keras, selain itu kita merupakan orang-orang yang termasuk beruntung. Saya juga menyadari betapa pentingnya bersosialisasi dalam hidup ini, seperti apa yang sudah nenek tersebut ceritakan, bahwa berkat bantuan para tetangganya, ia masih dapat mendapatkan pendapatan tambahan.
Pengalaman tentang kisah nenek tersebut dengan anak-anaknya, juga membuat saya tersadar, bahwa betapa pentingya pendidikan saat ini, juga kita sebagai anak hendaklah berbakti kepada orang tua kita, karena bagaimanapun orang tua kita pasti mencintai kita, dan tidak akan membiarkan kita kelaparan. Saya juga bersyukur, karena saya mendapatkan orang tua yang berkecukupan, hidup yang layak, dan penuh dengan cinta kasih.

No comments: